Langsung ke konten utama

Alya Fadilah

Temanku

      Cerita ini berawal pada saat aku SMP. Dulu, setelah aku lulus dari sekolah dasar ibuku memasukkan ke pesantren tepatnya di Tegal, Jawa Tengah. Awalnya aku menolak tapi stelah kupikir-pikir lagi akhirnya aku mau. Saat di pesantren aku satu asrama dengan seorang yang bernama Bilqis dan 5 orang lainnya. Hari-hari di sana dipenuhi dengan kegiatan agama. Dikamar aku dekat dengan seorang yang bernama Fika dan Nisa mereka adalah orang yang asik. Berbeda dengan Bilqis dia lebih suka bergabung dengan teman asrama lain dibanding teman asramanya sendiri, kalaupun ke kamar dia hanya sebentar, entah dia malu atau apa tapi aku tak tahu.

      Di Asrama kita difasilitasi laundry untuk mencuci baju, sebelum masuk jadwal laundry biasanya baju kotor disimpan didalam tote bag dan diberi nama, tote bage itu biasanya disimpan di pinggir lemari(tempat menyimpan baju kotor). Tapi, baju kotor punya si Bilqis itu gaada hal tersebut membuat aku dan yang lainnya heran, usut punya usut Bilqis itu nyimpen bajunya di dalam lemari jelas hal itu jorok karena baju kotor dan baju bersih menjadi satu. Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang membuat aku dan teman lainnya geram contoh kecilnya dia nangis terus pengen pulang, padahal kan sama kita semua juga pengen pulang tapi kan ga gitu juga, Semenjak hal itu aku dan yang lainnya jadi kurang respect sama dia.Kala itu Bilqis jatuh sakit, dan mau tidak mau kita yang harus ngambil makan dia ke dapur.Seperti biasanya dia nangis lagi, tapi kita diemin karena kesel sama dia, setelah 2 hari berlalu akhirnya Bilqis pun sembuh dari sakitnya, kita makin sebel sama dia setiap dia ada dikamar kita selalu jailin, bahkan waktu itu aku simpan kasur dia diluar asrama, walaupun dia jengkel tapi aku suka. Hari-hari penuh dengan kejahilan teman-teman dikamar yang semakin membuat Bilqis tidak betah, bahkan dia menelpon orang tuanya untuk pindah sekolah dengan alasan sudah tak tahan karena sering di-bully teman sekamar.

      Pada hari Minggu di sore hari, aku dan yang lainya kaget karena dipanggil untuk menghadap pimpinan pesantren. Ternyata, Bilqis mengadukan kita. Disitu kita diceramahin,Bilqis bilang waktu dia lagi sakit dia ga dikasih makan, padahal kan dikasih. Makin kesel lah kita disitu,yaudah kita ngomong aja kenyataanya gimana.

      Satu tahun telah berlalu, di kelas delapan kebetulan aku dan Fika gak sekamar sama Bilqis tapi kamar kita sebelahan. Semenjak kelas delapan Bilqis berubah gak kaya dulu lagi yang selalu cengeng, dia juga mulai berbaur sama kita, dan melupakan semua yang pernah terjadi dulu. Ketika aku sedang diluar kamar biasa Bilqis menghampiriku dan kita ngobrol bareng,bahkan aku bertanya mengapa dulu ia sangat cengeng, dimulai dari sebuah obrolan kita menjadi dekat. Bahkan ketika aku ulang tahun dia membelikanku sebuah kue padahal saat itu kita gaboleh keluar asrama. Aku terharu, padahalkan dulu aku jahat sama dia saking jahilnya waktu itu aku pernah membekam mulutnya karena ia ngorok, tapi sekarang dia baik sama aku dan gapernah ngungkit hal itu sama sekali. Setelah kelulusan aku main ke rumah Bilqis bersama keempat temanku yang bahkan ga pernah kita rencanain sebelumnya. Ketika sampai disana kita disambut baik oleh keluarganya, mereka ramah sekali. Disana aku menginap selama tiga hari, selama tiga hari itu pula aku diajak main ke tempat yang berbeda beda sungguh indah suasana disana karena rumah Bilqis kebetulan berada dekat dikaki gunung jadi kita bisa ngeliat gunung Slamet dengan jelas. Setelah tiga hari disana akupun memutuskan untuk pulang, jujur aku sedih harus meninggalkan mereka aku berharap suatu saat nanti kita bisa bertemu kembali.

      Tak terasa tiga tahun lamanya aku di pesantren, tempat yang jauh dimana aku harus bisa hidup tanpa orang tua. Pada awalnya sangat berat untuk kujalani, tapi lama-lama aku nyaman dengan lingkungan disana, bahkan aku bersyukur bisa sekolah disana karena hal itu juga aku bisa memiliki teman teman yang jauh dan mereka baik semua. Susah senang kita lewati bersama, makan bareng, setoran, mandi harus ngantri, berantem sama kamar sebelah aduh pokoknya aku rindu suasana itu, kalau bisa aku ingin mengulangnya. Aku dan Bilqis masih berteman baik hingga saat ini, bahkan dia menjadi sahabatku.


Selesai 

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ROMANTISASI MASA YANG BERMAKNA

  ROMANTISASI MASA YANG BERMAKNA    Berbicara perihal pengalaman selama bersekolah di SMAN 1 CIKALONGWETAN, itu sungguh tidak akan cukup jika diceritakan dalam satu halaman bahkan satu hari. Tapi kurang memungkinkan pula, jika harus aku ceritakan satu persatu disini. Banyak orang yang mengatakan bahwa masa putih abu adalah masa indah dan yang paling berkesan. Sebuah peralihan masa, dimana pindahnya masa remaja menuju dewasa awal. Terhitung sejak bulan Juli 2021 hingga sekarang bulan Februari 2024 sebagian besar kehidupan dan waktuku, aku habiskan di SMA. Dan ya, pernyataan orang lain di kalimat sebelumnya, ternyata bukan sekadar ucapan semata, namun sebuah fakta. Berbagai kisah suka duka sangat terasa dibandingkan masa sebelumnya, saat putih biru.  Menjadi salah satu orang yang berhasil diterima melalui jalur prestasi selama di SMP dan diberikan kesempatan untuk dapat mengenyam pendidikan menengah akhir disini adalah sebuah hal yang berharga dan luar biasa bahagia untuk diriku, tak t

THE IMPACT OF BOTTLE RECYCLING

  By Rizka, Sulis, Dela, Robi, Salman, Haikal Waste is the remaining product or item that is no longer used. There are 3 ways or methods to manage waste namely reducing, reusing and recycling plastic here will discuss about recycling the plastic bottle waste, recycling plastic bottle is very beneficial and has many positive impacts. Although some students actively participate in this practice, there are still many students who  cannot or refuse to recycle plastic bottles. The following is the impacts of recycling of bottle waste for our life From our interviews and research, several positive and negative impacts of recycling plastic bottle waste have been identified, such as air pollution, where certain methods of recycling plastic bottles can harm air quality. Recycling bottle waste can impact the quality of the product itself. Poor and inadequate management during production stages can result in low-quality products. Recycling plastic bottle waste also leads to an increase in the qua

Cinta Menjadi Alasan Untuk Mengenal Lebih Banyak Kata

  KERSA     Oleh : Keiza Deswina Azzahra   Jika kersa adalah judul, maka aku harus melanjutkan dengan   bait-bait berikutnya. Jika kersa adalah nama, maka aku harus menyebutkannya setiap ingin tidur. Jika kersa adalah lagu, maka aku harus menyanyikannya saat mandi.   Kersa tidak sering aku nyanyikan. Karena aku tidak sering mandi. Kersa tidak selalu aku sebutkan. Karena aku terlalu sering tidur tanpa disengaja. Kersa tidak akan aku lanjutkan. Karena aku tidak mahir merangkai bait   Terlalu banyak umpama untuk kersa yang sederhana   Kersa hanyalah kata. Kata yang diungkapkan oleh wanita. Wanita yang menerima kata. Dari aku yang menginginkannya.   Bandung, 1 Desember 2023